Total Tayangan Halaman

Jumat, 07 Januari 2011

Sektor Tambang Diharapkan Berperan pada 2011

Jumat, 7 Januari 2011 | 19:04
Inco Bangun Kilang Pemurnian Nikel di Bahodopi Inco Bangun Kilang Pemurnian Nikel di Bahodopi


MAKASSAR - Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo mengharapkan, sektor tambang dapat memberikan nilai lebih pada kemajuan ekonomi daerah pada 2011.

”Mendorong aspek-aspek pertambangan agar berperan pada lapangan kerja dan ekspor seperti bijih besi dan galena,” katanya di Makassar, Jumat.

Pemprov Sulsel juga akan semakin memantapkan komoditas pertanian sebagai agrobisnis menuju bisnis sebenarnya, lalu secara bertahap beralih ke industri pertanian.

”Sambil memperbaiki terus infrastruktur jalan, pelabuhan dan bandara serta mempertahankan inflasi di bawah tiga persen, kebutuhan pokok selalu terpenuhi," jelasnya.

Sulsel harus bisa menjadi titik utama setelah Jawa di bidang kesehatan, pendidikan dan distribusi bahan-bahan pokok.

"Begitu keluar dari Jawa, andalannya itu Sulsel. Center Point of Indonesia bukan hanya sebuah jargon tapi menjadi sebuah cita-cita Sulsel menjadi barometer poilitik, ekonomi, sosial dan kesejahteraan masyarakat," jelasnya seperti dikutip Antara.

Pembangunan pusat pendidikan pelayaran, penerbangan dan balai tenaga kerja luar negeri akan dipacu pada tahun ini.

Ia juga mengaku, tengah merintis sekolah perikanan perkebunan dan pertanian di mana seluruh sarjana strata satu jurusan apapun dapat belajar di sekolah tersebut. "Mudah-mudahan kementerian bisa mendukungnya," tambahnya.

Kebutuhan dasar masyarakat melalui program pendidikan dan kesehatan gratis juga akan terus diakomodasi dan diperluas tahun ini. "Tidak ada lagi orang yang tidak sekolah, tidak ada lagi yang tidak mendapatkan layanan kesehatan,” ujarnya.

Kata gratis dalam program, ia jelaskan, hanya sebuah kata dan terminologi bukan substansi sebenarnya dengan tujuan agar masyarakat kurang mampu tidak memiliki keraguan untuk memenuhi kedua hak dasar yang menjadi tanggung jawab pemerintah tersebut.

Dalam pengelolaan anggaran, ia menargetkan, Pemprov Sulsel dapat meraih predikat wajar tanpa syarat tertinggi.

Sulsel juga mengejar target untuk dapat bersaing menjadi tuan rumah Pekan Olah Raga Nasional dengan bertekad melengkapi sarana olah raga yang memadai. "Satu saat kita akan menjadi tuan rumah PON. Untuk sekarang masih sulit menyaingi provinsi lain," ujarnya. (tk)

Sumber : http://www.investor.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar