Total Tayangan Halaman

Jumat, 25 Februari 2011

Lagi,SYL Kritik Pemilihan Kakanwil Kemenag

Friday, 25 February 2011 MAKASSAR (SINDO) – Untuk kedua kalinya,Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL) menunjukkan kekecewaannya atas pergantian Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Sulsel dari Bahri Mappiasse kepada Hamka MAg yang dilakukan tanpa koordinasi dengan Pemprov Sulsel.

Menurut dia, pemilihan dan pelantikan Kakanwil Kemenag Sulsel yang digelar awal Januari 2011 hanya sepengetahuan Kementerian Agama (Kemenag) dan dilakukan di Jakarta. Padahal, Kanwil Kemenag berada di bawah institusi yang dipimpinnya. Atas kekecewaan tersebut, Syahrul mengaku telah mengirim suratkepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang berisi protes terhadap mekanisme pemilihan Kakanwil Kemenag Sulsel yang dianggap melanggar Peraturan Pemerintah (PP) No 19/2010 tentang Kewenangan Gubernur sebagai Perpanjangan Tangan Pemerintah Pusat di Daerah.

“Kemenag tak memperhatikan kami. Saya sudah protes dengan melayangkan tiga surat kepada Bapak Presiden tentang mekanisme kerja kanwil karena melanggar PP No 19/2010,”ungkapnya kemarin. Hal itu dilontarkan Gubernur saat membuka Musyawarah Wilayah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Sulsel di Hotel Banua, Makassar, kemarin. Sikap protes mantan Bupati Gowa dua periode ini juga disampaikan saat menerima kunjungan Pimpinan Pengurus Besar Darud Dakwah wal-Irsyad (DDI) KH Yunus Samad di ruang kerjanya,awal Februari 2011.

“Saya bukannya marah, tapi perlu ada perbaikan. Saya tidak melihat siapa yang jadi kakanwil, tapi harusnya sesuai mekanisme yang sudah diatur,” ujar dia di hadapan peserta musyawarah yang juga dihadiri Kakanwil Kemenag Sulsel Hamka. Kejengkelan Gubernur ini bertambah setelah Hamka yang dilantik awal tahun ini,tidak pernah melakukan koordinasi dengan dirinya.

Syahrul bahkan mengaku telah beberapa kali mengajak pejabatnya untuk bertemu langsung dalam rangka koordinasi. Meski demikian, ajakan Gubernur ini tidak pernah ditanggapi pejabat yang bersangkutan. “Padahal saya ingin sekali membicarakan persoalan haji di Sulsel.Saya pantau calon haji hingga ke Mekkah.Pendekatan-pendekatan bisa dilakukan tanpa mencampuri, tapi bersinergi.

Sebenarnya saya tidak mau datang pada acara ini, tapi karena permintaan khusus Pak Wagub, akhirnya saya datang,”pungkasnya. Kepala Bagian Humas Kanwil Kemenag Sulsel M Tonang barubaru ini menegaskan, pergantian pimpinan di institusinya tersebut sudah sesuai mekanisme. Dalam muswil kemarin,Ketua IPHI Sulsel, yang juga Wakil Gubernur Agus Arifin Nu’mang,mempertanyakan pemanfaatan dan pengelolaan tabungan oleh perbankan dan Kemenag yang telah disetorkan calon jamah haji (calhaj). (wahyudi) 


Sumber : http://www.seputar-indonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar