Total Tayangan Halaman

Jumat, 09 September 2011

Ditargetkan Selesai Desember 2011

Friday, 09 September 2011
MAKASSAR– Setelahbeberapa kali molor,Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel kembali menargetkan pelebaran jalan poros Maros-Parepare selesai Desember2011. Hanya,inibelumtermasuk jalan sepanjang 6 kilometer (km) yang terhambat karena alasan pembebasan lahan.

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo mengaku akan turun langsung memantau pengerjaan pelebaran jalan sepanjang 120 km tersebut, yang menjadi penopang ekonomi jalur Ajatappareng dan trans- Sulawesi.“Yang bisa selesai bulan ini, selesaikan. Kalau sisa dua bulan lagi, selesaikan. Desember ini saya mau lihat semua selesai,kecuali 6 km jalan karena memang belum ditender,” katanya di Rujab Gubernur Sulsel,kemarin.

Ruas jalan 6 km terbagi di tiga wilayah, seperti Kabupaten Maros,Pangkep, Barru.Tahun ini, pemprov dan pemkab terkait hanya fokus merampungkan ruang jalan sepanjang 28 km dan jembatan sebanyak 26 buah. Sepanjang 2008 hingga 2010, pemerintah telah melaksanakan pengerjaan jalan sepanjang 92 km dan kini tersisa 28 km lagi, sedangkan 26 proyek jembatan sudah rampung dari total 48 titik.

Gubernur menegaskan, jika target tersebut tidak dapat tercapai, sejumlah kontraktor dan pelaksana teknis di lapangan akan terkena denda karena telah menyalahi kontrak yang telah ditetapkan.Syahrul juga menyayangkan sikap sejumlah pengusaha dan pejabat di daerah yang tidak mendukung percepatan proyek tersebut. Pasalnya,mereka menolak melepas lahan yang terkena pelebaran jalan kepada pemerintah dengan harga yang telah ditetapkan.

“Memang tersisa 6 km,antara lain ruko di Pangkep dan ada beberapa rumah.Nanti akan saya paksa. Rata-rata di sana pejabat yang banyak mempermasalahkan tanahnya. Mereka meminta ganti rugi hingga Rp300 juta,”katanya. Sementara itu, Kadis Bina Marga Sulsel Abdul Latif menerangkan, proyek jalan 2011 ini masih dalam pelaksanaan sepanjang 22 km dan sisanya 6 km diharapkan selesai pada 2012.

Untuk jembatan pada tahun ini ditargetkan selesai 11 buah dan sisanya 11 buah pada 2013. “Untuk sisa target 6 km, diharapkan pembebasannya selesai paling lambat awal 2012 sehingga fisik dapat diselesaikan 2012,”ujarnya. Hingga saat ini pembebasan lahan secara keseluruhan sudah mencapai 90% dan diharapkan selebihnya dapat diselesaikan paling lambat awal 2012.Tahun ini, pihaknya memiliki anggaran Rp150 miliar untuk memuluskan poros Maros- Parepare yang banyak mendapat sorotan berbagai kalangan masyarakat.

Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang sebelumnya mendapatkan banyak keluhan dari sejumlah pengusaha atas belum rampungnya poros Maros-Parepare. “Kalau ada komplain dari masyarakat, ini patut kami dengar. Maros- Parepare tinggal waktu saja. Ada memang hal-hal yang tidak dalam kewenangan pemprov, seperti proses tender gagal dan kontraktor yang lari.Insya Allah tahun ini sudah jadi,” pungkasnya. wahyudi 
Sumber : http://www.seputar-indonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar