Total Tayangan Halaman

Senin, 22 Agustus 2011

Desa Lantang dan Takalar Terima Rp25 Juta

Makassar (ANTARA News) - Desa Lantang, Kecamatan Polongbangkeng Selatan, Kabupaten Takalar menerima hadiah berupa bantuan dana pembangunan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan Rp25 juta sebagai juara pertama lomba desa tingkat provinsi 2011.

Penghargaan dan hadiah lomba desa dan kelurahan diserahkan oleh Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo dan Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu'mang di rumah jabatan gubernur, Makassar, Senin.

Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa dan Kelurahan (BPMPDK) Provinsi Sulsel menetapkan Desa Lantang, Takalar dan Kelurahan Tombolo, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa sebagai juara pertama lomba desa dan kelurahan tingkat provinsi 2011.

Kabid Pemberdayaan Pemerintahan Desa dan Kelurahan BPMPDK Provinsi Sulsel Rais Rahman menjelaskan, desa dan kelurahan tersebut memperoleh nilai terbaik setelah mengikuti tahapan penilaian dari 26 April-31 Mei 2011.

Juara lomba tingkat desa dan kelurahan terpilih karena memiliki tingkat perkembangan desa dan kelurahan terbaik selama dua tahun terakhir pada periode 2009-2010 dari 18 desa dan 14 kelurahan yang dinilai.

Penilaian diukur berdasarkan delapan indikator yaitu pendidikan, kesehatan, partisipasi, masyarakat, kelembagaan masyarakat, ekonomi masyarakat, pemerintahan desa dan kelurahan, keamanan dan ketertiban serta Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Posisi Desa Lantang diikuti Desa Padaidi Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone meraih juara kedua dan Desa Labbo Kecamatan Tompobulu Kabupaten Bantaeng di posisi ketiga.

Sementara juara dua di tingkat kelurahan diraih Kelurahan Labukkang Kecamatan Ujung Kota Pare-pare dan juara ketiga Kelurahan Pai Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.

Desa Lantang Kabupaten Takalar dan Kelurahan Tombolo Kabupaten Gowa juga akan menjadi wakil Sulsel dalam Perlombaan Desa Kelurahan tingkat nasional pada 24 Juni 2011 hingga 24 Agustus 2011 di Jakarta.

Kepala BPMPDK Provinsi Sulsel A. Mangunsidi mengatakan, dengan potensi dan keunggulan lokal yang dimiliki Desa Lantang dan Kelurahan Tombolo, diharapkan keduanya berkompetisi dan meraih prestasi di tingkat nasional memperebutkan piala Menteri Dalam Negeri.(T.KR-RY/Z002)


Sumber : http://www.antara-sulawesiselatan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar