Total Tayangan Halaman

Selasa, 13 September 2011

Cargill akan Bangun Industri Kakao di Sulsel

Makassar (ANTARA News) - Sebuah perusahaan yang bergerak dalam industri pangan dunia Cargill akan membangun industri pengolahan biji kakao di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Kami sedang mengeksplorasi peluang investasi pengolahan kakao di Indonesia dan Sulsel menjadi komponen yang nyata," kata Managing Director Cargill Cocoa and Chocolate Jos De Loor di Makassar, Selasa, usai menemui Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo.

Ia memperkirakan jumlah investasi untuk membangun industri pengolahan yang akan difokuskan pada produksi kakao dalam bentuk bubuk, lemak dan cair itu berada di kisaran 100 juta dolar Amerika.

"Fokusnya adalah untuk pasar kita di Asia langsung dari Makassar. Kita akan memproduksi bubuk cokelat berkualitas tinggi dari industri pengolahan yang kita bangun nantinya,"jelasnya.

Kehadiran fasilitas pengolahan kakao di Sulsel ini nantinya akan memperkuat pasar di Asia karena peta perkembangan konsumsi kakao saat ini terkonsentrasi di wilayah Asia terutama untuk bubuk.  

Ia menambahkan, selama ini pihaknya telah memiliki dasar pasar di Asia tapi masih lebih banyak didukung oleh pasar Eropa dan Amerika.  

"Kita harapkan nanti mendapat dukungan bahan baku sekitar 65 ribu ton per tahun untuk industri yang baru," ujarnya.

Industri pengolahan kakao ini diharapkan beroperasi dalam dua tahun ke depan. Saat ini pihaknya masih melakukan eksplorasi termasuk mencari dan mempelajari lokasi.

"Belum diputuskan, tapi Makassar masih menjadi pilihan terbaik hingga saat ini," katanya yang juga mengharapkan dukungan pemerintah untuk mewujudkan rencana ini.

PT Cargill selama ini juga telah beroperasi di Kawasan Industri Makassar (Kima) dengan memproduksi pakan ternak menggunakan bahan baku jagung. Selain produk olahan kakao dan pakan ternak, perusahaan ini juga mengolah biji-bijian dan minyak nabati, gula serta minyak kelapa. (T.KR-RY/S016)

 Sumber : http://www.antara-sulawesiselatan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar